The Day Off

| Kamis, 05 Februari 2015


Dimensi-ITS. Perang dunia II.  Saat mendengar kata perang dunia II kita akan teringat dengan salah satu materi yang dipelajari saat kita masih di bangku sekolah dulu, Sejarah.  Berikut adalah sedikit review tentang perang dunia II.
 
Perang dunia II adalah perang global yang melibatkan banyak negara yang berlangsung pada tahun 1939 sampai 1945. Perang ini menimbulkan dampak yang sangat besar pada peradaban manusia hingga sekarang. Perang ini melibatkan kekuatan dari banyak negara-negara besar yang terbagi menjadi dua aliansi yaitu blok Sekutu dan blok Poros. Meskipun perang dunia II hanya melibatkan negara dari blok Sekutu dan blok Poros, seluruh belahan dunia ikut merasakan dampak dari perang dunia II ini.

Perang ini memakan korban yang sangat besar yaitu lebih dari 70 juta korban jiwa terdiri korban militer sebanyak 16 juta jiwa lebih dan korban sipil lebih dari 45 juta jiwa. Sedangkan korban jiwa dari blok Poros adalah 8 juta korban militer dan lebih dari 4 juta jiwa adalah korban sipil. Hal ini membuat perang dunia II menjadi perang paling mematikan sepanjang sejarah.

Salah satu penyebab perang dunia II adalah liga bangsa-bangsa (LBB) gagal dalam menjaga perdamaian dunia. LBB tidak mampu dengan tegas menjaga kestabilan perdamaian dunia khususnya di antar negara-negara besar. Beberapa negara besar melakukan penyerangan-penyerangan untuk menambah wilayah kekuasaan. Alhasil semua negara maju saling berlomba-lomba memperkuat pasukan militer dan menambah persenjataan perang negara mereka.

Dari persaingan tersebut, negara-negara mulai khawatir dan sadar bahwa akan terjadi perang besar. Maka dari itu negara-negara mulai mencari kawan sehingga muncullah dua blok besar yaitu blok Sekutu dan blok Poros. Blok Sekutu ini beranggotakan Uni Soviet, Amerika Serikat, Inggris Raya, Tiongkok, Perancis, dan lain-lain. Sedangkan blok Poros beranggotan Jerman, Kekaisaran Jepang, Italia, Hongaria, Rumania, dan Bulgaria.

Awal mula terjadinya perang dunia II adalah saat penyerangan oleh tentara Jerman dan juga tentara Slovakia terhadap kota Warsaw, Polandia pada tanggal 14 September 1939. Hal ini sontak membuat Perancis dan Inggris Raya menyatakan perang kepada Jerman. Inilah yang membuat meletusnya perang dunia II. Dan pada tanggal 14 September 2014 yang lalu adalah hari peringatan 75 tahun perang dunia II semenjak meletusnya perang dunia II.

Mengapa perang dunia II harus diperingati?. Beberapa mungkin beranggapan jika hal ini tidak perlu diperingati. Namun, peringatan ini semata-mata agar setiap orang di dunia ini sadar akan pentingnya perdamaian dunia. Menjaga perdamaian adalah kewajiban setiap individu. Oleh karena itu penting bagi setiap invidu menjaga agar kejadian 75 tahun silam tidak terjadi lagi di kemudian hari. Biarlah kejadian perang dunia II menjadi pelajaran mengenai betapa pentingnya dan berharganya sebuah perdamaian.(/aji)

0 tanggapan:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲